buat yg pertama kali denger kata ‘dunning’ mungkin agak aneh…. yup!!! dunning collection itu ‘jabatan’ku sekarang… yah memang agak sedikit ketinggian klo pk kata ‘jabatan’.. hehehehehe…
ini aku tulis dengan tujuan berbagi pengetahuan seputar pekerjaan… (dah kaya berpengalaman aja…. ;-p ) but at least, temen-temen tau job des nya kaya’ apa…so klo ada lowongan yg posisinya ‘dunning coll’ kurang lebih ya kaya gini…
well, dunning collection itu tugasnya adalah ngingetin pembayaran kartu kredit seseorang (case nya di divisi card center sebuah bank nih) by phone… so… kita bakal dikasih data sama team leader kita yg isinya daftar card holder yg blm byr kartu kreditnya…. tugas kita menghubungi card holder itu dan menginformasikan kepada mereka bahwa pembayaran mereka sudah jatuh tempo, sudah lewat beberapa bulan, atau kartu dalam keadaaan terblokir,,, dll. Kita mesti berusaha memastikan bahwa CH melakukan pembayaran hari itu juga… karena kita punya target yg harus kita capai tiap bulannya secara individu ataupun team.
oya… hampir lupa… ini nih team2 di collection dan tugas2nya…
- FRONT END team (PAST DUE -30 DPD) : ngingetin pembayaran credit card (CC) ke CH yg baru aja jatuh tempo… misalnya neh CC kamu jatuh temp tgl 25, dan kamu lupa bayar, maka mulai tgl 26 kamu bakal ditelpon sama org dari team ini… klo kamu langsung bayar hari itu juga, besok dia ga telpon g dech…. tp klo blm bayar juga niscaya kmu bakal di telp terus sampe tgl cetak tagihan bulan berikutnya (biasanya kl jatuh tmpo tgl 25, tgl cetaknya tgl 5 bulan berikutnya…) ohya, biasanya org2 yang belum bayar pada team pastdue ini hanya karena lupa, kurang bayar, atau karena byr via bank lain yg takes time krn kliring… jd,, team pastdue ‘diharamkan buat marah2 sama CH nya,,, mesti ngmg baik2… ramah, yach mirip customer service lah…..harus banyak2 senyum… pas udah masuk ke xdays atau 30 dpd (ini buat CH yg blm jg byr sampe tgl cetak bulan berikutnya) biasanya ada juga nasabah yg suka memancing emosi….. hohahahahahahaha,,,niatnya sih kita ga pengen marah2, tp yg di telp nyolot, ya udah……. ada juga tuh temen2 yg sampe berantem di telpn sama CH… hehehehehe
- BACK END team (60DPD- Recovery) : Nah,,,, ini tugasnya lebih seru dan sering banget nemuin yg brantem dgn CH di team ini, yach secara… nasabah yg ditangani team ini udah lama ga bayar2 kartu kredit (mulai di telponin oleh team pastdue, ke x days, ke 30dpd akhirnya flow ke sini dech)… tp team ini mesti lebih berusaha buat ngubungin CH nya, yah…. yg namanya org nunggak pasti dah ada yg ganti no hp, pindah rumah, pindah kerja, makanya… mesti lebih sabar dech…
tiap bulan,,,, kita mesti berjuang spy target kita tercapai,,, kl tercapai kita bakal dapet reward…hehehehehehe tp kl ga tercapai, gimana ya…. kita bakal ngadepin pertanyaan dari bos,, knapa neh ga tcapai, kendalanya apa?? dan klo ga tercapai trus bkal dapet SP juga kali ya…. hehehehe… but klo kita kerjanya serius insyaallah tercapai dech….
kita bakal nemuin sejuta ekspresi orang,,, walaupun lewat telpon, tp kita pasti bisa donk ngbayangin ekspresi org yg kita hub… ada yg baik bgt, ada yg malu2 ngaku klo lupa, ada yg memelas mo minta tempo lg, ada yg ramah bgt sampe mo nawarin jd mantu, ada yg nyolot abiz sampe ngeluarin kata2 yg enggak bgt dech…. ada yg boro2 mo ngmg,,,,ni org tahan bgt ga ngangkat telpnya krn udah tau dr penagih nih… macem2 dech…..
anyway, semua kerjaan itu selalu bikin kita belajar….belajar dan belajar…. kadang terasa nyenengin dan ga boong juga kadang terasa ngebosenin (dikit hehehehe)… nyenenginnya pas gajian (ya iyalah,,,, kidding!!)….
Start ur work with spirit and smile,,,, and u’ll enjoy it!!!
just do the beast all..!! anytime,anywhere, and whenever it
BalasHapus